Thursday, August 2, 2018

10 Tips Sehat Untuk Wanita Sibuk



Cepologis.com - Alyssa Dweck, seorang ahli obgyn yang menjadi co-author dari buku berjudul “V Is For Vagina” memberikan 10 resep bagi wanita untuk hidup sehat. 

1. Kendalikan stressmu

Masalah terbesar yang selama ini paling banyak dijumpai pada pasien-pasien yang Dweck tangani, kebanyakan mereka memiliki begitu banyak masalah hidup dan  merasa kesulitan bagaimana harus menyelesaikannya.

Stress itu sendiri  dapat memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kesehatan, mulai dari infertilitas (ketidaksuburan) hingga resiko tinggi mengidap depresi, kecemasan berlebih, dan penyakit jantung.

Segera temukan peredam stress yang ampuh untukmu dan berilah sedikit refresh pada pikiranmu.

1. Berhenti Diet

Mengadopsi pola makan sehat bukan berarti membuatmu tidak sama sekali makan makanan seperti nasi, daging, beberapa potong kue, cokelat dan sebagainya. Kuncinya adalah pengaturan. Penuhi kecukupan protein, lemak sehat, karbohidrat, dan serat.

Baca: 7 Hal yang Dilakukan Orang Saat Menyembunyikan Depresi

3. Jangan “OD” Pada Kalsium

Terlalu banyak mengkonsumsi kalsium dapat meningkatkan resiko batu ginjal dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Jika kamu berusia di bawah 50 tahun, konsumsilah sekitar 1000 mg per hari, sedangkan bagi wanita berusia di atas 50 tahun harus mendapatkan asupan kalsium 1200 mg per hari. Kalsium dapat diperoleh dari susu, salmon, dan almond.

4. Lakukan Senam Ringan

Wanita memerlukan senam ringan setidaknya tiga hingga lima kali per minggu untuk mencegah osteoporosis, penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Senam ringan juga dapat membentuk good-self-image yang sangat penting untuk kesehatan mental.

Baca: Sadari Hal-hal yang Bisa Membuat Kamu Terlihat Bodoh!

5. Pertimbangkan Kesuburan

Kesuburan wanita umumnya berkurang di usia 32 tahun. Meskipun sebagian orang tetap dapat hamil pada rentang usia 30-40 tahun. Tetapi ini beresiko.

Jadi, jika kamu ingin tetap memiliki anak di usia dimana kesuburan mulai berkurang, silahkan berdiskusi dengan doktermu lebih lanjut”

6. Kontrol Jarak Kehamilan

Bagi sebagian orang mungkin tidak sepakat untuk mengontrol jarak kehamilan, namun hanya hal itulah yang mampu menjagamu dari terjadinya hamil di saat dirimu belum merasa siap. Penelitian telah membuktikan bahwa mengontrol jarak kehamilan mampu mengurangi resiko terjadinya kanker rahim dan kanker ovarium.

7. Kunjungi dokter berkala setidaknya sekali setahun

Pastikan kamu mendapatkan tes Pap Smear untuk mengecek kanker serviks setiap 3 tahun sekali sejak kamu berusia 21 tahun keatas. Jika kamu berusia 30 – 65 tahun, kamu dapat melakukan tes Pap Smear dan HPV setiap 5  tahun sekali. Jika kamu aktif secara seksual, lakukan tes untuk Chlamydia, gonorrhea, dan syphilis setiap tahun. Tes HIV setidaknya sekali seumur hidup juga diperlukan. Jangan lewatkan jadwal checkup rutinmu setiap tahunnya.

Baca: Menurut Sains, Orang Cerdas Umumnya Miliki 4 Pembawaan Ini

8. Lakukan Seks yang Sehat

Seks mengurangi stress dan menurunkan resiko penyakit kronis. Tapi dilakukan dengan pasangan yang halal ya. Bukan saja karena alasan agama, kebiasaan berganti pasangan selain tidak setia tapi juga dapat berakibat buruk pada kesehatan.

9. Tidur yang cukup

Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Namun jika kamu sulit untuk bangkit dari tempat tidur, cepat lelah, atau memiliki masalah konsentrasi, menandakan bahwa kelihatannya tidurmu belum cukup. Studi terbaru menunjukkan bahwa hal ini dapat memperbesar resiko sakit janung dan masalah psikologis.

10. Pertimbangkan untuk tes genetik

Sekarang dokter dapat mengetahui seberapa besar kemungkinan seseorang dapat menderita penyakit mematikan berdasarkan keturunan keluarganya, seperti kanker payudara, kanker ovarium, dan penyakit kronis lainnya, lalu kemudian mereka memberikan saran pencegahan. Kamu dapat segera berdiskusi segera dengan doktemu.


Banyak dibaca:


Ghufran, Imam Muda Hafiz Quran dari Subulussalam yang Anti Pacaran


Hasil Penelitian, Dokter Wanita Lebih Unggul dari Dokter Pria


25 Hal yang Haram Kamu Ucapkan Saat Wawancara Kerja


Sahabat Dipaksa Ceraikan Istri yang Dicintainya
author
Cepologis.com adalah media berita dan informasi yang mengedepankan kenyamanan pembaca dalam menikmati sajian informasi. Kesederhanaan kata namun kaya makna membuat Cepologis.com menjadi media paling diminati.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment