Monday, February 13, 2017

Hasil Penelitian, Dokter Wanita Lebih Unggul dari Dokter Pria


Pasien yang diobati oleh dokter wanita memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk meninggal karena penyakit yang diderita dan sedikit pula dari mereka yang kembali lagi ke rumah sakit. 

Bahkan diperkirakan oleh tim dari Harvard School of Public Health, jika semua dokter memiliki kemampuan seperti dokter wanita dalam penelitian ini, maka akan mampu menyelamatkan 32.000 jiwa setiap tahun.

Mirisnya, dokter wanita biasanya dibayar kurang dari rata-rata pria, dan kecil pula kemungkinan untuk dipromosikan. "Terdapat bukti di lapangan bahwa kinerja dokter pria dan wanita terlihat berbeda," ujar Dr Ashish Jha, pengawas penelitian.

"Dokter wanita cenderung memiliki kemampuan sedikit lebih baik pada saat diagnosis dan melakukan hal-hal lain," lanjutnya seperti di lansir NBC News.

Dalam catatan Jha beserta rekannya, ada 1,5 juta pasien usia lanjut masuk rumah sakit karena alasan medis, bukan untuk operasi, antara tahun 2011 sampai 2015.

"Pasien yang dirawat oleh dokter wanita memiliki kematian 30 hari lebih lama daripada pasien yang diobati oleh dokter pria," tulis mereka dalam laporannya, yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association JAMA Internal Medicine.

Pada penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa gaya komunikasi wanita lebih berpusat pada pasien, mampu mendorong dan meyakinkan pasien, dan waktu kunjungan pasien yang lebih lama. Tetapi, menurut Dr Anna Parks dari University of California, San Francisco pada kenyataannya dokter wanita dibayar jauh lebih sedikit daripada dokter pria.

Ia menyampaikan, dalih yang digunakan pihak berwenang dalam menentukan besaran gaji ini adalah karena karir wanita dapat terganggu saat harus membesarkan anak, wanita hanya dapat bekerja paruh waktu, serta pengorbanan yang berat dalam pekerjaan rumahtangga.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa gaji dokter pria kulit putih sebesar $250.000 per tahun dan dokter wanita kulit putih sebesar $163.000 per tahun. Terlihat perbedaan cukup kentara. Sedih juga ya.


Untuk kualitas kerja yang lebih baik seharusnya mendapatkan gaji lebih baik. Setuju?
[Redaksi Cepologis]
author
Cepologis.com adalah media berita dan informasi yang mengedepankan kenyamanan pembaca dalam menikmati sajian informasi. Kesederhanaan kata namun kaya makna membuat Cepologis.com menjadi media paling diminati.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment