Saturday, February 25, 2017

Menurut Sains, Orang Cerdas Umumnya Miliki 4 Pembawaan Ini


Apakah kamu pernah dimarahi karena memiliki "kebiasaan buruk"? Pernahkah orangtuamu memarahimu karena  kamar yang kotor? Pernahkah teman atau orang asing menatapmu aneh karena berbicara sendiri? Atau mungkin kamu sibuk melakukan bermacam hal hingga larut malam, dan bahkan hanya asyik bergulat dengan pikiranmu sendiri hingga tidak menyadari bahwa waktu telah menunjukkan pukul 02.00 dini hari.

Kalau kamu menjawab ya, maka kamu harus tau hal ini! Empat hal yang mungkin biasa kamu lakukan yang sebenarnya tidak seburuk tampaknya. Penelitian telah menunjukkan bahwa kebiasaan dan/atau sifat di bawah ini benar-benar dapat menjadi pertanda bahwa kamu sebenarnya adalah orang yang cerdas.

1. Orang Cerdas Cenderung Berantakan


Dalam sebuah studi oleh Kathleen Vohs, seorang ilmuwan psikologi, ditemukan bahwa meja berantakan merepresentasikan pemikiran kreatif dan merangsang ide-ide baru.

"Kita semua terkena berbagai macam pengaturan, seperti di ruang kantor kita, rumah kita, mobil kita, bahkan di Internet," Vohs mengamati. "Apakah kamu memiliki kontrol atas kerapian lingkungan atau tidak. Dan penelitian kami menunjukkan hal itu dapat mempengaruhi Anda."

Jadi, jika kamarmu berantakan, jangan malu. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitasmu mengalir dengan baik. Lingkungan yang berantakan sebenarnya membantu kamu untuk memecahkan norma dan melesat dengan ide-ide baru!

2. Orang Cerdas Cenderung Berbicara pada Diri Sendiri


Panggil saja mereka gila, tapi orang-orang yang sering berbicara sendiri mungkin saja memiliki “sesuatu” dalam dirinya. Coba pikirkan: kamu memiliki sebuah ide atau rencana yang cemerlang dan butuh untuk merangkainya dengan berbicara. Kamu tau kamu perlu mengeluarkan idemu dengan berbicara, dan kamu tetap saja berbicara sendiri meski tanpa lawan bicara dengan suara keras. Lantas tiba-tiba, kamu menyadari bahwa beberapa orang menatapmu aneh. Apa yang sedang mereka lihat? Kamu hanya mencoba untuk merangkai ide cemerlangmu!

Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa orang yang berbicara sendiri tidak gila - mereka sebenarnya lebih cerdas! Aktivitas ini sangat membantu mereka untuk menentukan masalah mereka lebih jelas dan menemukan solusi yang lebih baik serta lebih cepat daripada orang lain yang hanya diam saat memecahkan masalah.

3.  Orang Cerdas Cenderung Mengumpat Lebih Banyak


Apa sih yang dimaksud dengan kata umpatan? Kata umpatan, bisa diartikan sebagai sekelompok huruf dibentuk bersama-sama untuk membuat penghinaan kasar atau hanya sekedar kata-kata yang kamu seringkali tidak sadar saat mengeluarkannya.

Dalam studi ini, menunjukkan bahwa mereka yang lebih sering mengumpat memiliki IQ yang lebih tinggi dan memiliki kosakata kata umpatan yang banyak adalah tanda kekuatan retoris.

4. Orang Cerdas Cenderung Terjaga Lebih Larut


Bila kamu memiliki banyak masalah dan tidak mampu menyelesaikannya sesaat sebelum waktunya tidur, maka kamu hanya akan dapat membolak – balik badanmu sembari mencoba untuk tidur. Tapi tidak perlu khawatir! Tetap terjaga lebih larut ketimbang orang lain telah terbukti meningkatkan IQ . Rupanya, itu memberikanmu waktu yang lebih panjang untuk memikirkan masalah dan berpeluang besar untuk menemukan solusi yang lebih baik.

Kembali ke jaman di mana manusia belum menemukan api, sumber cahaya mereka hanyalah matahari. Hal ini memaksa mereka untuk tidur di awal malam guna menghindari predator. Namun, sekarang kita memiliki pencahayaan buatan sepanjang siang dan malam, yang memberi kita kemudahan untuk memanfaatkan jam malam.


Jadi jika kamu mengumpat sesekali pada diri sendiri, tetap terjaga lebih lama dari teman-teman dan keluarga di malam hari hingga larut, atau berantakan dan berbicara dengan diri sendiri ketika berada di depan umum, bukanlah suatu masalah yang besar. Ilmu berada di pundakmu dan penelitian telah membuktikan bahwa kamu lebih kreatif, memiliki IQ yang lebih tinggi, dan dapat bekerja melewati masalah lebih cepat dari rata-rata orang. 

[Redaksi Cepologis]
Dikutip dari www.lifehack.org
author
Cepologis.com adalah media berita dan informasi yang mengedepankan kenyamanan pembaca dalam menikmati sajian informasi. Kesederhanaan kata namun kaya makna membuat Cepologis.com menjadi media paling diminati.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment