Cara Memilih Dokter Gigi yang Bagus



Cepologis.com - Kesempurnaan dan keberhasilan perawatan gigi sangat bergantung pada kemampuan dokter gigi itu sendiri. Factor keberhasilan lainnya dipengaruhi oleh tingkat kooperatif pasien dan selanjutnya dipengaruhi oleh kesediaan fasilitas baik berupa peralatan yang lengkap atau tersedianya bahan-bahan yang dibutuhkan.  

Kamu pasti kebingungan memilih dokter gigi atau klinik gigi yang tepat. Apalagi kamu belum pernah punya pengalaman berobat gigi ke dokter gigi. Berikut kami akan membahas secara lengkap tips dan trik memilih dokter gigi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan gigimu.

1. Bedakan dokter gigi dan tukang gigi

Bukan bermaksud merendahkan profesi tukang gigi ya bray. Kamu boleh kok menggunakan jasa tukang gigi, tapi untuk kasus tertentu saja, sebagaimana yang telah diatur dalam hak dan wewenang tukang gigi. Seperti gigi palsu lepasan. Itupun dengan berbagai persyaratan, bla bla bla…
Membedakan antara klinik dokter gigi dan tukang gigi itu sangat mudah brader, lihat aja pampletnya. Dokter gigi mencantumkan nama dan gelar dokter gigi (drg) di pamplet tempat prakteknya sedangkan tukang gigi sudah pasti tidak      

2. Memiliki fasilitas yang lengkap

Memang sih, dokter gigi sebelum membuka praktek sudah menyiapkan segala peralatan dan perlengkapan. Tapi mungkin karena sesuatu dan lain hal peralatan yang tersedia banyak yang tidak berfungsi dan kurang sehingga membuat proses perawatan kurang maksimal. Apakah bisa begitu? Bisa dong, banyak poli gigi di puskesmas yang memiliki keterbatasan fasilitas dan bahan-bahan

3. Pendidikan dan pengalaman dokter gigi

Semakin tinggi pendidikan klinis dokter gigi semakin baik pula keterampilannya. Namun pendidikan yang tinggi saja tidak cukup, pengalaman atau jam terbang yang tinggi juga mempengaruhi seberapa terampilnya dokter tersebut.

4. Cari dokter gigi yang telaten dan sabar

Kamu yang serba bingung dan butuh informasi lengkap terkait permasalahan gigimu pasti ingin banyak bertanya. Pastikan dokter gigimu adalah orang yang informative dan sabar menghadapi berbagai pertanyaanmu. Dokter gigimu juga harus sabar dan teliti dalam merawat gigimu.

5. Cari clinik/tempat praktek terdekat

Ini memudahkanmu bila tiba-tiba kamu membutuhkan kunjungan ulang. Kasus yang membutuhkan beberapa kali kunjungan. Kalau tempat aksesnya jauh, apalagi antar kota akan merepotkanmu.
Sekedar info bray, biaya perawatan bisa naik berkali lipat pada lokasi tertentu. Clinik di lingkungan perumahan mewah dan apartemen, atau di pusat perbelanjaan seperti mall akan beda biayanya dengan clinik yang berada di pelosok. Hati-hati ya, sesuaikan dengan isi kantongmu

6. Jangan lupa perhatikan jam kerja praktek

Penting agar kamu bisa sesuaikan dengan jadwal kerjamu atau kegiatan rutin penting lainnya

7. Cari klinik yang menerima BPJS/asuransi

Hal ini dapat menekan pengeluaran bahkan kamu bisa mendapatkan perawatan gratis. Uang dikantong bisa aman dan dapat dipergunakan untuk kebutuhan lain.

8. Cari klinik dan dokter gigi bereputasi

Kalau klinik itu ramai, itu bisa jadi standar penilaian pelayanan di klinik maupun dokter giginya bereputasi baik. Kita banyak mendapatkan review dan cerita dari mulut ke mulut terkait pelayanan petugas dan dokter giginya.

9. Kasus tertentu baiknya di tangani oleh spesialis

Kamu harus tau, dokter gigi juga ada spesialisasinya loh. Untuk menempuh spesialis tersebut membutuhkan studi lanjutan selama 2-5 tahun. Kasus-kasus tertentu baiknya dilakukan oleh spesialis seperti pencabutan gigi geraham bungsu yang bermasalah (odontektomi), gigi palsu implant dan kawat gigi.

Berikut spesialisasi dokter gigi untuk kamu ketahui:


  • Bedah mulut dengan Gelar Sp.BM
  • Endodonsia (Konservasi Gigi) dengan Gelar Sp.KG
  • Oral Medicine (Penyakit Mulut) dengan Gelar Sp.PM
  • Ortodonsia (kawat gigi) dengan Gelar Sp.Ort
  • Pedodonsia (Ilmu Kedokteran Gigi Anak) dengan Gelar Sp.KGA
  • Periodonsia ( jaringan penyangga gigi) dengan Gelar Sp.Perio
  • Prostodonsia (gigi palsu) dengan Gelar Sp.Pros
  • Radiologi Kedokteran Gigi (foto rongsen gigi) dengan Gelar Sp.RKG

Nah, itu dia brader 9 kiat dalam memilih dokter gigi yang tepat untukmu. Sekarang pertanyaannya adalah dari mana semua informasi itu bisa kita dapatkan.

Ok, kamu bisa bertanya kepada siapapun orang-orang di daerahmu, sahabat, kerabat terpercaya. Ikuti sarannya. Dan tanyakan pada orang-orang tentang dokter yang disarankan. Jika dokternya memang bagus, maka yang kamu tanyai pasti akan menjawab dengan senang hati.

Anda juga bisa mencari informasi tentang dokter gigi melalui internet. Browsing di internet akan menghemat waktumu.

Atau kamu bisa kunjungi beberapa pusat kesehatan yang terkenal di kotamu untuk mendapatkan informasi tentang dokter gigi yang bagus. Kamu bisa mempertimbangkan saran dari pusat kesehatan tersebut sebagai referensi atau bahkan tempat untuk konsultasi.





0 Response to "Cara Memilih Dokter Gigi yang Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel