Tuesday, August 14, 2018

Susah Memulai Tulisan? Coba 5 Tips Mudah Mengawali Tulisan Untuk Pemula



Cepologis - Mengawali tulisan menjadi kendala berat bukan hanya bagi penulis pemula saja, bahkan bagi sebagian penulis kawakan. Namun, jika sudah berhasil memulainya, biasanya akan nagih dan susah berhenti. Iya enggak?

Pada saat mulai mengetik, otak seolah-olah akan berjalan dalam mekanismenya sendiri. Menakjubkan. Otak dengan sendirinya akan menggembalakan pikiran-pikiran kemanapun. Hingga ide dapat terolah dan tersusun sesuai dengan keinginan atau bahkan tidak sesuai dengan keinginan. Disinilah serunya.

Lalu bagaimana sih menulis yang baik dan cara memulai tulisan? Kesulitan dalam memulai tulisan akan dapat teratasi kalau kamu tau tips dan trik memulai tulisan. Berikut Cepologis akan bantu kamu menemukan teknik sederhana dalam memulai tulisan.

1. Temukan Ide dan Gagasan

Sebelum memulai menulis, terlebih dahulu tentukan ide dan gagasan pokok apa yang ingin kamu uraikan nanti dalam tulisanmu. Gak perlu muluk-muluk. Mulailah dari hal sederhana di sekeliling kita. Begitu banyak inspirasi di sekitar kita yang bisa kita jadikan sebagai bahan tulisan.

Contoh mudahnya, mungkin kamu tadi baru saja dimarahi sama tetangga sebelah, kucingmu mati tertabrak mobil truk, dipecat dari tempat kerja atau bahkan kamu melihat daun yang jatuh. Untuk yang terakhir, bayangkan saja, daun jatuh saja bisa jadi judul novel Tere Liye, “Daun yang jatuh tidak pernah membenci angin”. Dari  ide sederhana saja bisa jadi judul novel bukan. He he.

2. Membuat Kerangka Tulisan   

Cara ini sangat membantu, terutama bagi kamu yang sering lupa. Kerangka ini juga membantumu memandu mana yang lebih dahulu ditulis mana yang di pertengahan dan mana yang ditempatkan di bagian akhir tulisanmu. Kerangka ini berfungsi supaya kalaupun tulisanmu melebar tapi tidak terlalu jauh.

Saya sangat terbiasa menggunakan peta pikiran, kerangka dan point-point sebelum memulai tulisan. Termasuk bahkan nama-nama istilah yang nanti bakal saya gunakan di dalam tulisan. Ini sangat-sangat membantu.


3. Berdiskusilah Terkait Topik

Setiap sebelum memulai tulisan, saya hampir selalu mendiskusikan mengenai topik tulisan tersebut terlebih dahulu kepada istri. Dari diskusi tersebut bisa lahir ide-ide segar yang baru yang akan menambah bobot bakal tulisan kita nantinya. Yang belum punya pasangan buat diskusi, yah saya sarankan menikahlah. Ops! Kamu bisa melakukannya dengan sahabatmu, gurumu atau orang tuamu kok.


4. Mulailah Menulis

Begitu banyak artikel-artikel di internet yang mengajarkan cara belajar mengarang, bagaimana menulis artikel yang baik, tips dan trik menulis dan bagaimana cara menulis buku. Namun bagaimanapun kita rajin membacanya jika tak dibarengi dengan action ya, semua sia-sia. Maka mulai sekarang mulailah menulis.

Kalau kamu bingung dari mana kamu memulai tulisan, mulailah dari deskripsi. Cobalah deskripsikan suasana hati, tokoh atau background lokasi, atau kamu bisa mulai saja dari alasan mengapa memilih topik tersebut sebelum masuk kepada topiknya.

Memulai tulisan dengan fakta yang kita ambil dari berbagai sumber berita, baik itu koran atau televisi menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca loh. Misalnya kamu akan mulai dengan fakta, 

Tidak banyak orang tahu, film-film Bollywood bukan hanya telah banyak memunculkan bintang-bintang ternama semisal Shahrukh khan, Salman Khan, Amir khan, Hrithik Roshan, Katrina Kaif, Deepika Padukone dan lain lain. Ternyata di tahun 2012 India mampu memproduksi film hingga mencapai 1000 film selama setahun, termasuk penyumbang besar film diantaranya adalah rumah produksi Bollywood. Itu artinya ada kurang lebih 83 film dalam sebulan di produksi dan hampir 3 film per harinya. Indonesia berapa film ya kira- kira?


5. Istirahat Sejenak

Kamu bisa melakukan gerakan-gerakan rileks keluar rumah atau menghirup udara taman di sela-sela tulisanmu. Hanya beberapa menit saja. Ini dilakukan agar sejenak pikiran menjadi fresh kembali dan penat yang bertumpuk menghilang. Hal ini penting untuk menjaga semangat menulis. Terlalu diforsir juga tidak baik.


Sudah siap memulai tulisanmu?
Salam Super Pegel!

author
Cepologis.com adalah media berita dan informasi yang mengedepankan kenyamanan pembaca dalam menikmati sajian informasi. Kesederhanaan kata namun kaya makna membuat Cepologis.com menjadi media paling diminati.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment