Monday, April 13, 2015

Bagaimana Membuat Orang Membeli Apapun Produk Anda

Cepologis. com - Adakah judul di atas terdengar seperti mustahil? Saya pikir ini tidak mustahil. Agar semua produk kita dibeli orang lain. Itu hanya butuh seni dalam menjual.

Cepologis.com kali ini akan mengupas bagaimana cara membuat semua orang membeli apapun produk yang Anda jual berdasarkan teori paling klasik sejak 2.400 tahun silam dari seorang Aristoteles.

Siapa yang tidak mengenal Aristoteles? hampir semua kita mengenalnya. beliau telah menciptakan empat langkah persuasi. Langkah inilah yang kerap digunakan oleh para pebisnis dunia.

Empat langkah itu adalah sebagai berikut:

  1. Exordium (Membuat sebuah pertanyaan atau cerita mengejutkan untuk menarik perhatian)
  2. Narratio (Ungkapkan suatu masalah yang dihadapi pembaca/pendengar)
  3. Confirmatio (Kita menawarkan solusi atas masalah tadi)
  4. Peroratio (Sampaikan kepada pembaca manfaat dari mengambil tindakan)
Sebenarnya 4 langkah di atas tidak asing lagi bagi kita, tersebab di abad modern ini kita mengenal rumus periklanan klasik yang dikenal dengan nama AIDA: Attention, Interest, Desire, Action. Formula ini tak ada bedanya dengan 4 langkah kunci marketing yang di perkenalkan Aristoteles.

Baiklah, mari kita perjelas dengan sebuah kasus pada penjualan sebuah baju kaos.

Pertama, pembukaan harus menarik perhatian.

Apa perasaan pembeli jika saya menyampaikan begini? "Bagaimana anda berpakaian sederhana tapi tetap terlihat elegan, lebih tampan, dan seksi?" Makanan, gaya hidup, seks, dan uang adalah sumber untuk menarik perhatian.

Kedua, menyebutkan satu masalah

Kita mungkin bisa mengatakan begini, "Apa anda tidak bosan mengenakan baju kaos yang itu-itu saja? tidakkah tertarik untuk mengenakan yang baru, yang dapat membuat Anda merasa hebat dan mengingatkan Anda - serta orang-orang sekeliling Anda - untuk meraih impian?"

Ketiga, saatnya memberikan solusi

"Seniman kenamaan, Purwantono (misal), yang merancang baju kaos terhebat, telah merancang karya barunya. Karya itu sangat cantik, penuh warna, cinta, lebih sehat, dan mencipta rasa bangga."

Keempat, sebagai penutup kita perlu meminta mereka untuk bertindak

"Anda dapat memperoleh baju kaos cantik yang berjumlah terbatas ini langsung dari kami. Silahkan kunjungi situs kami di www.cepologis.com (misal), dan anda akan melihat rancangan baju kaosnya. Bila Anda membeli 3, kami akan beri gratis 1. Ukuran yang tersedia hanya L dan XL"

WOW!
Dengan cara spontan menggunakan rumus Aristoteles yang sudah berusia 2.400 tahun lalu itu seorang Joe Vitale, bapak pemasaran, berhasil dengan mengejutkan. Penjualan naik dan peminat bertambah.

Tulisan ini juga terinspirasi dari tulisan Joe Vitale dalam bukunya "Trans Buyying".

Nah, untuk Anda para pengusaha muda. Tunggu apalagi? segera terapkan petuah Aristoteles dalam teknik pemasaran Anda.


author
Cepologis.com adalah media berita dan informasi yang mengedepankan kenyamanan pembaca dalam menikmati sajian informasi. Kesederhanaan kata namun kaya makna membuat Cepologis.com menjadi media paling diminati.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment