Friday, February 24, 2017

Ingin Meningkatkan Produktivitas Diri 10 Kali Lebih Cepat? Lakukan 4 Teknik ini.


Apakah kamu berharap menjadi orang yang lebih baik? Perbaikan diri bisa jadi adalah proses yang lambat, dan sering kali dianggap sulit sehingga kebanyakan dari kita enggan untuk megubah kebiasaan buruk untuk memperbaiki diri ke arah lebih baik. Untungnya, ada empat teknik sederhana yang dijamin dapat membantumu untuk dapat meningkatkan diri menjadi lebih baik di tempat kerja, di sekolah dan dimanapun dalam menguasai keterampilan baru. Buktikan bahwa empat teknik dibawah ini benar-benar sangat membantu.

1. Jadilah lebih produktif menggunakan teknik Pomodoro.


Teknik Pomodoro adalah trik sederhana yang melibatkan penggunaan waktu untuk meningkatkan fokus dan produktivitas kamu.

Berikut cara kerjanya: niatkan dalam diri untuk benar-benar ingin menyelesaikan suatu tugas. Atur timer Kamu selama 25 menit, dan mulailah bekerja. Jika fokus kamu terganggu dengan aktivitas lain saat mengerjakan tugas, tuliskan aktivitas tersebut. Misalnya, ‘Mengecek Facebook’ atau ‘Melihat keluar jendela’. Setelah Kamu menuliskan hal tersebut, lantas bekerjalah kembali.

Setelah 25 menit berlalu, Kamu harus beristirahat selama lima menit dan rileks sepenuhnya. Jangan biarkan pikiran kamu kembali ke tugas yang kamu kerjakan sebelumnya. Karena ini adalah waktu untuk merilekskan pikiran kamu dan bersiap-siap untuk berkonsentrasi lagi.

Lakukan perhitungan berapa kali waktu Pomodoro 25 menit yang kamu lakukan, dan istirahatkan dirimu lebih lama. Sekitar 15-30 menit setelah kamu melakukan empat kali Pomodoro. Hal ini untuk mencegah kamu dari kelelahan dan tetap menjaga fokus.

Kamu akan terkejut setelah mendapati bahwa kamu akan jauh lebih produktif dengan menggunakan teknik ini, dan menemukan bahwa pekerjaan kamu selesai lebih cepat dari biasanya.

2. Menuliskan hal-hal yang baru kamu pelajari.


Pernahkah saat sepulang sekolah, atau saat selesai membaca sebuah buku. Kamu merasa seolah-olah tidak mengingat apa yang baru saja kamu pelajari? Ini merupakan hal biasa, dan dapat  terjadi ketika kita tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk mencerna informasi.

Dengan menuliskan ringkasan dari segala sesuatu yang kamu pelajari, kamu akan dapat mengingat lebih banyak pengetahuan. Kamu juga akan memiliki catatan yang berguna untuk rujukan jika sewaktu – waktu kamu lupa. Karena mencatat atau menulis tangan materi baru akan sangat baik bagi pembelajaran dan penguat memori. Jadi, simpan laptop dan ambil pulpen segera!

3. Meningkatkan kesadaran diri, untuk sukses yang lebih besar.


Jika kamu ingin sukses, penting untuk dapat memandang diri sendiri dan pekerjaan kamu secara objektif. Jika kamu berpikir telah melakukan segala sesuatunya dengan menakjubkan, kamu tidak akan pernah memiliki dorongan untuk meningkatkan kualitas diri, dan tidak akan dapat untuk menerima kritikan meski itu membangun. Sama halnya jika kamu melihat semua hal dalam pandangan negatif. Rasa percaya diri kamu akan hilang dan kamu akan senantiasa kehilangan kesempatan besar yang sering kali kamu sia-siakan karena ketakutanmu akan bermacam hal.

Kamu dapat mengembangkan kesadaran diri dengan merefleksikan diri setiap hari. Meminta teman dekat untuk memberikan umpan balik yang jujur mengenai kebiasaanmu, dan menemukan apa yang memotivasi perilaku kamu.

4. Berlatihlah membaca cepat untuk menyerap sejumlah besar informasi.


Ada begitu banyak buku bagus, blog dan artikel yang diterbitkan setiap hari yang memungkinakan kamu untuk membaca sebanyak-banyaknya. Meskipun kamu tidak akan pernah bisa membaca semua buku atau artikel yang diterbitkan, belajar untuk membaca cepat akan memungkinkan kamu untuk membaca lebih banyak.


Berlatihlah dengan menggunakan jari untuk memandu mata mu saat membaca, dan tingkatkan kecepatan sebanyak yang kamu bisa. Alih-alih berfokus pada satu kata pada suatu waktu, manfaatkanlah penglihatan periferalmu untuk membaca di seluruh potongan teks sekaligus. Kamu juga harus mencoba men-download aplikasi kecepatan membaca, yang menampilkan satu kata pada suatu waktu, yang berarti kamu tidak perlu memindahkan matamu sama sekali dan akan sangat membantumu dalam meningkatkan kecepatan membaca. Selamat mencoba!

[Redaksi Cepologis]
Dikutip dari www.lifehack.org




author
Cepologis.com adalah media berita dan informasi yang mengedepankan kenyamanan pembaca dalam menikmati sajian informasi. Kesederhanaan kata namun kaya makna membuat Cepologis.com menjadi media paling diminati.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment