Friday, April 17, 2015

Ingin Mewujudkan Rumahku Syurgaku? Beginilah Caranya

Cepologis.com - Tulisan ini bukan berdasarkan penelitian para pakar home decoration bukan pula anjuran dari pakar feng shui dan atau pakar-pakar lainnya.

Ini hanya kebiasaan pribadi saya dalam menyikapi masalah-masalah yang kerap sekali menjadikan rumah seperti tidak layak huni bagaikan kapal pecah. Tulisan ini ingin berbagi mengenai tips menjadikan rumah bersih dan nyaman. Meski untuk urusan tata letak interior, kita punya persepsi berbeda sesuai dengan selera. Yang penting intinya kita bertujuan untuk menjadikan rumahku syurgaku. Bukan begitu? Jelas dong!

Saya tipikal orang yang paling cinta kerapian. Maka, disiplin merapikan barang-barang pribadi menjadi prioritas bagi saya sebelum terjun ke aktivitas eksternal yang menghubungkan saya dengan dunia luar. Hal itu pula yang mendorong saya memetakan daerah-daerah pribadi yang mesti diprioritaskan itu.

Berikut adalah pembagian daerah yang saya sebutkan di atas:

      1.       Kamar Tidur.

Ini ruang pribadi yang paling utama dari beberapa ruang pribadi lainnya. Karena fungsi kamar adalah tempat beristirahat. disana tempat kita memanjakan diri untuk mengusir rasa penat selepas beraktivitas diluar. Maka, kebersihan kamar menduduki urutan pertama dalam daftar agenda beres-beres rumah.

Disinilah aktivitas harian pertama kali dimulai, dan disini pula lah aktivitas harian akan ditutup. Yakni diawali dari bangun pagi, dan ditutup dengan tidur malam.

      2.       Dapur.

Dibanding ruangan lain, dapur biasanya identik lebih kotor. Kenapa? Apa lagi sebabnya  kalo bukan karena masak. Setelah selesai masak pasti banyak sampah dan perabotan kotor. Segeralah membersihkannya seperti sedia kala. Tujuannya agar dapur pun tetap terasa nyaman, bersih dan wangi.

Wah, kebayang kan gimana senangnya melihat dapur yang kinclong? kalo sudah bersih begini dapur juga bisa dijadikan tempat untuk tidur siang loh, (hihi jangan ditiru).

      3.       Kamar mandi.

Saat mandi kita butuh suasana relax, aman, dan nyaman. Lalu, bagaimana caranya menjaga agar kamar mandi senantiasa bersih nan kinclong?

Tips dari saya adalah, usahakan menyempatkan menyikat kamar mandi setiap setelah selesai mandi, baik pagi ataupun sore hari.

Apabila dibutuhkan, gantungkan pengharum ruangan di celah fentilasi kamar mandi. Agar udara yang masuk beraroma segar dan memberi kenyamanan bagi kita.

      4.       Ruangan lain

Yang saya maksud disini adalah ruangan-ruangan tambahan di rumah kita, bagi kita yang memiliki rumah besar, tentunya ada banyak ruangan tambahan, beruntung bagi yang rumahnya mungil, karena kita tidak terlalu banyak menguras tenaga untuk membersihkannya

sebisa mungkin standar kebersihannya tetap seperti kebersihan kamar tidur, yakni ekstra bersih!
Pengelompokan ini hanya membedakan penomoran yang mana yang harus didahulukan, bukan pengelompokan yang mana yang paling bersih.

Saya rasa semua orang akan senang dengan lingkungan yang bersih. Tapi, tidak semua orang mampu dan mau menciptakan keadaan itu. Semuanya kembali kepada diri kita. Maukah kita punya rumah yang bersih? Kalo mau, ayo dong bersih-bersih!

Nah, setelah dipetakan, sekarang saatnya berbagi tips bersih-bersih. Ini dia tips nya:

·         Pertama, ketika bangun tidur langsung bereskan tempat tidur. Rapikan semua yang ada di lemari, dimeja, dan di lantai. Singkirkan semua barang-barang penting  yang ada di lantai kecuali sampah, karena kita akan segera menyapu kamar.

·         Kedua, sapulah kamar dimulai dari kolong tempat tidur, kolong meja, dan semua kolong-kolong yang ada (hehe) sampai di depan pintu kamar. Tempatkan tumpukan sampah-sampah itu di depan pintu kamar. Ambil sekop, lalu angkat ke tong sampah.

·         Ketiga, Ambillah kain pel yang sudah dibasahi. Ingat, jangan terlalu basah! Peraslah sekuat tenaga agar hanya menyisakan lembab pada kain pel. Karena tujuan kita mengepel bukan untuk membanjiri lantai. Tetapi untuk mengangkat debu yang tersisa di lantai yang tak sepenuhnya terangkat oleh sapu.

       Cara mengepelnya tetap seperti ketika kita menyapu, dimulai dari kolong-kolong dahulu, kemudian tarik kain pel ke kiri dan ke kanan dengan gerakan mundur. Tujuannya supaya kita tidak memijak kembali lantai yang telah bersih.

Taraaaaa! Kamarmu bersih berkilau, bebas debu! Nyaman banget kan? Iya dong!

Well, lakukan pula hal yang sama pada ruangan yang lainnya dengan menggunakan langkah-langkah di atas. Jadikan kegiatan ini sebagai kebiasaan setiap harinya.

Jangan biarkan konsep baiti jannati  (rumahku syurgaku) hanya sebatas angan-angan belaka, tanpa mewujudkannya dalam bentuk realita. Saatnya menjadikan rumah sebagai tempat ternyaman bagi kita dan orang-orang yang kita cintai, karena mempersembahkan tempat yang nyaman untuk mereka adalah kado terindah bagi mereka.


Semoga bermanfaat!
author
Cepologis.com adalah media berita dan informasi yang mengedepankan kenyamanan pembaca dalam menikmati sajian informasi. Kesederhanaan kata namun kaya makna membuat Cepologis.com menjadi media paling diminati.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment