Thursday, March 26, 2015

Hati-hati Ke Toilet Umum

Cepologis.com - Sering menggunakan toilet umum saat kebelet? Semua orang melakukannya. Tapi beberapa hal buruk bisa saja terjadi saat kamu berada di toilet. Maka menjadi penting bagi kamu untuk memastikan beberapa hal berikut ini agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

1.    Sebelum BAB/BAK cek dulu apakah keran lancar mengeluarkan air.

Bagaimana rasanya jika saat kamu sudah melakukan ritual buang sial (buang hajat, he he) tapi saat ingin membersihkan ternyata air di keran kosong. Ini biasa terjadi saat kita buang air kecil (BAK) di tempat yang tidak ada bak nya. Menyengsarakan, bukan? Jika sudah begini, berlaku perbolehan hukum alternatif. Gunakanlah tissue, batu, kayu, daun, kertas dan apapun yang bersih. Pertanyaannya, apakah semua alternatif itu ada di toilet? Jika tidak ada, dinding toilet bisa jadi korbannya.

Sesampainya di rumah, bersihkan kembali dengan menggunakan air. Seorang muslim harus terbebas dari najis, utamanya saat beribadah.

Ingat! Jangan lupa cek air dahulu sebelum BAB atau BAK.
  
2.    Membawa kitab suci Al-Qur’an, simpanlah di luar toilet.

Bagi kamu seorang aktivis dakwah. Atau juga kamu yang kerap membawa kitab suci Al-Qur’an pasti juga tau bahwa kitab suci itu adalah kitab mulia yang harus dijaga dari tempat-tempat kotor dan najis. Well, kamu harus lebih awas sebelum masuk toilet.

Simpanlah khusus kitab suci kita diluar toilet. Tentunya cari tempat yang lebih tinggi. Tidak elok jika kitab suci diletakkan di lantai luar kamar mandi. Tas berisi barang-barang berharga kamu bawa masuk ke dalam mengingat pencuri ada di mana-mana. Meskipun kamu sedang di toilet masjid (nyuri di masjid, orang gak takut dosa lagi!).

3.    Baca petunjuk di dinding luar toilet

Buru-buru karena sudah kebelet jangan dijadikan alasan tidak teliti melihat tanda toilet itu apakah khusus wanita apa pria. Banyak orang pernah mengalami ini. Walhasil kamu akan di ceramahi bertubi-tubi karena dinilai tak punya etika.

Hayoo. Siapa yang pernah ngalamin ini?

4.    Beri tanda bahwa kita sedang ada di dalam toilet.

Akan selalu ada saja orang kebelet yang berusaha menyorong pintu toilet yang tertutup dengan harapan tidak ada orang di dalam. Betapa risihnya bukan bila kamu yang sedang berada di dalam toilet. Parahnya lagi kalau pintu toiletnya rusak. Dengan mudah orang akan membuka pintu toilet dan… (apa yang terjadi saudara-saudara?)

Solusinya beri tanda bahwa kita sedang berada di dalam. Bukan dengan bernyanyi atau berteriak-teriak (lu kira dapur rekaman J ), tapi cukup dengan berdehem. Usahakan suaranya diberat-beratkan seolah seperti orang tua yang sangar. Ini penting agar orang segan untuk mengetok pintu. Cara lainnya dengan memainkan gayung di dalam bak air agar terdengar keluar suara-suara kecipak-kecipung duarr!.

5. Hati-hati CCTV

Akhir-akhir ini heboh pemberitaan mengenai korban CCTV di kamar mandi atau toilet. Oleh karena itu lihat keseluruh pojok ruangan adakah yang terkesan mencurigakan. semoga dengan kehati-hatianmu membuatmu terhindar dari ulah jahil orang lain.

6.    Jaga aurat

Untuk laki-laki yang menggunakan fasilitas toilet berdiri berdinding sekat. Usahakan cari yang sekatnya tinggi. Jangan sampai sekatnya rendah bisa ngobrol samping kiri kanan dan terlihat auratnya.

7.    Hindari merokok

Merokok di ruangan toilet membunuh orang lain. Bayangkan saja setelah kamu meninggalkan toilet asap rokok tidak ikut bersamamu. Ruangan sempit yang tak ada pentilasi itu membuat asap rokok menyesaki ruangan. Tau juga kan bagaimana perokok pasif merasakan efek lebih buruk di banding perokok pasif.

Jangan bunuh orang lain!

Demikian beberapa hal yang bisa memandu kamu agar aman di toilet umum. Nantikan terus artikel terbaru dari cepologis.com.  


author
Cepologis.com adalah media berita dan informasi yang mengedepankan kenyamanan pembaca dalam menikmati sajian informasi. Kesederhanaan kata namun kaya makna membuat Cepologis.com menjadi media paling diminati.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment